- PC server dengan OS 64bit
- Virtual Box versi 6.1
- VHD Fresh versi 14.0.0.1 (terbaru)
- Exambrowser Admin terbaru (cek di web anbk)
Masalah dan Solusi
1. Belum muncul jadwal singkron
2. Error Patching
Solusi
Sebelumnya kita harus ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya error patching. jadi kita harus mengetahui sumbernya terlebih dahulu. mari kita identifikasi. error patching itu diakibatkan adanya ketidak sesuaian mesin vhd, exam admin dengan server pusat anbk. pastikan anda gunakan VHD dengan versi 14.0.0.1 (yang belum pernah di patching
3. Status Offline
bagi anda yang mempunyai masalah Status Offline
Solusi:ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan diantaranya :
- Pastikan jadwal Singkronisasi tidak terlewat
- Pastikan PC konek ke Internet
- Silahkan periksa kembali ID Proktor anda. pastikan ID Proktor dan password harus sama dengan yang di web ANBK. contoh ID Proktor U0xxxxxxx-Axxx atau P0xxxxxxx-Axxx
- Pastikan konfigurasi internet anda pada virtual box benar, untuk Adaptor 1 Terbridge ke NIC output, untuk Adaptor 2 Set NAT
- Restar PC dan nyalakan ulang exam admin
Jika solusi diatas tidak mempan silahkan kirimkan tiket bantuan di web anbk dan hubungi Help Desk
4. Error Akses CBT Tools
bagi anda yang mempunyai masalah Error Akses CBT Tools
Solusi :silahkan klik reolad CBT Sync, jika tidak mempan silahkan restar VHD ataupun PC. jika memang masih tidak mempan silahkan hapus google chrome yang terinstal dan instal kembali dengan versi yang telah disediakan di dalam prerequites, kemudian jangan lupa setting kembali letak browser chromenya pada exam admin.
5. Chrome Mode Incongito
bagi anda yang mempunyai masalah Chrome Mode Incongito/Samaran
Solusi :- Silahkan hapus google chrome yang terinstal dan instal kembali dengan versi yang telah disediakan di dalam prerequites, kemudian jangan lupa setting kembali letak browser chromenya pada exam admin.
- Close kan mode incognito, maka nanti akan muncul loginpage cbtsync
6. Getting Ready Lama
bagi anda yang mempunyai masalah Getting Ready Lama
Solusi :
- Silahkan cek kembali pengaturan jaringan pada virtual box, terutama pada adapter, jangan sampai tertukar antara internet in dan out. kemudian ip pada nic out isi dengan segmen 192.168.0.201 (asalkan jangan akhiran 200 karena itu ip virtual box) jika memang dirasa sudah benar maka solusi lain adalah silahkan sambungkan pc server dengan salah satu client.
- Matikan Firewal dan antivirus
7. Komputer Server Mati Total
Solusi : Silahkan pasangkan VHD backupan hasil singkron ke pc yang lain jika terjadi lock vhd silahkan hubungi helpdesk provinsi kemudian isi tiket bantuan unlock sn pada web anbk, uraikan secara singkat tentang permasalahan yang terjadi kemudian minta untuk unlock SN
8. Lag Pada Saat Pengerjaan
Solusi : Silahkan refresh browser dengan cara tekan F5 pada kyboard.
9. Error CbySync
Solusi :
- Silahkan ikuti intruksi, jika tidak berhasil coba klik reload cbtsync
10. Error VHD
ini disebabkan akibat VHD tidak tershutdown secara sempurna akhirnya terjadilah crash pada VHD, ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan
Solusi :
- Jalankan VHD dari VirtualBox langsung kemudian biarkan secara sesat dan kemudian matikan dengan benar, tunggu sekitar 1-2 menit baru jalankan melalui examadmin
- Ikuti Intruksi yang tersedia jika belum mempen maka dikarena vhd crash silakan ganti dengan VHD hasil singkron yang telah anda banckup
11. Register IP Gagal
Solusi :
- Pastikan Client tersambung dengan PC server dan PC server exam adminnya harus dalam keadaan login
- Cek kabel RJ45 dan LAN Card apakah berfungsi dengan baik (silahkan gunakan lan tester untuk mengetahui kondisi kabel LAN)
- Lakukan ping dari client ke server lewat CMD
- Matikan Antivirus dan Firewall
- Jika masih tetap coba instal ulang windows
12. Token Tidak Tampil
Solusi :
- Pada kelompok tes pilih Reset All kemudian Assign All dan trakhir Save All, kembali ke status tes pilih daftar tes > kelompok > Simpan Semua
- Jika masih tetap silahkan logout CbtSync kemudian Login ulang
13. Extract Exam Client / Proktor Browser Error
Solusi :
- Pastikan File tidak Corrupt
- Extract dengan Winrar Versi Terbaru
14. Aplikasi Exambrowser Stopped Working
Solusi : Pastikan Antivirus dan Firewall sudah di disable
15. VHD Tidak Bisa Terbuka
Solusi :
- Silahkan PC server gunakan Windows 10 x64 bit jika windows 7 gunakan versi Windows7 Sp1
- Pastikan VHD Tidak Corrupt
16. VHD di Gugurkan / Dropit (pada Virtual Box)
itu disebabkan karena ACPI Shutdown tidak sempurna/tidak normal, maka solusinya adalah sebagai berikut :
- Jalankan VHD ANBK langsung dari Virtual box, tunggu hingga jalan dan diamkan beberapa saat. setelah itu silahkan shudownkan mesin VHD dengan benar dan silahkan coba kembali jalankan via exam admin
- Jika masih tetap, silahkan ganti dengan VHD tersebut dengan VHD Hasil SINGKRONISASI.
17. Status Stanby Berwarna Kuning
- Itu menandakan sever anda kena lock, solusinya silahkan ke tiket bantuan pada web anbk, silahkan isi minta unlock sn
Nah ges jadi sebaiknya ges setelah beres singkroniasi wajib backup VHD ke HDD External ya. ini sangat berguna banget loh jika suatu nanti pc server kita ada masalah. tentunya silahkan jika ada kendala HUBUNGI HELP DESK MASING MASING KOTA. semoga solusi diatas bisa membantu anda. cukup sekian dan terimakasih
Posting Komentar untuk "Update! Solusi Permaslahan (TroubleShoot) ANBK/AKM 2022 Mode Semi Online"